Misteri Pulau Betuah, Petualangan di Pesisir Barat Lampung

Salah satu buku cerita anak yang saya beli untuk Rayyaan saat terakhir mengunjungi toko buku setempat adalah Misteri Pulau Betuah karya Tuti Sitanggang. Saya tertarik dengan buku ini karena ceritanya bertema misteri dan petualangan. Saat melihat cover bukunya sejenak saya teringat akan Pasukan Mau Tahu dan Lima Sekawan karya Enid Blyton. Ada rasa rindu membaca cerita petualangan anak-anak.

Tulisan ini bukan dimaksudkan sebagai resensi atas buku itu karena ilmu saya masih jauh untuk bisa menulis resensi yang baik. Saya lebih suka menyebut tulisan ini sebagai kesan saya terhadap buku ini. Dari segi cover buku, nuansa misteri dan petualangannya sudah terasa. Ini bisa dilihat dari warna covernya, gambar pepohonan yang ‘gelap’ juga ekspresi keempat tokoh utama cerita ini yaitu Hana, Uti, Ibul, dan Syah.

Hana, Uti, Ibul, dan Syah adalah anak-anak desa Negeri Ratu Ngambur, Pesisir Barat Lampung. Keempat anak dengan karakter berbeda ini bekerja sama memecahkan misteri di Pulau Betuah. Saat membaca lembar pertama cerita ini, saya agak kaget sekaligus bangga karena latarnya mengambil tempat di salah satu Kabupaten di Lampung, daerah asal saya. Di buku ini banyak disisipkan informasi seputar daerah Pesisir Barat. Selain terhibur dengan alur ceritanya, anak-anak jadi bisa mendapat pengetahuan baru tentang daerah Lampung. Tidak hanya itu, anak-anak juga secara tidak langsung belajar banyak hal tentang salah satu hewan air bahkan ada tips pelajaran Matematika juga di buku ini!

Lalu bagaimana dengan misteri yang harus dipecahkan Hana, Uti, Ibul, dan Syah? Petualangan mereka memang seru. Lewat cerita ini anak-anak belajar pentingnya bekerja sama dan menghargai teman meskipun teman-temannya memiliki karakter yang berbeda-beda. Sst… Ternyata di cerita ini ada misteri di dalam misteri lho. Apaan tuh? Baca saja deh buku Misteri Pulau Betuah ini he he…

6 pemikiran pada “Misteri Pulau Betuah, Petualangan di Pesisir Barat Lampung

Tinggalkan Balasan

