Menggelindingkan Botol Berwarna-Warni

Mommies punya botol air mineral bekas? Punya pewarna makanan? Yuk gunakan untuk membuat mainan si kecil. Ide ini berawal dari melihat Rayyaan yang sukasekali menggelindingkan apapun yang bentuknya kurang lebih silinder, terutama botol air mineral. Saat di rumah ada beberapa botol bekas air mineral, tiba-tiba saya punya ide untuk mengisinya dengan air yang sudah diberi pewarna makanan. Total ada 8 botol yang Rayyaan punya sekarang. Permukaannyapun sudah tidak halus lagi karena sering dimainkan. Ya inilah permainan yang paling disukai Rayyaan, menggelindingkan botol berwarna-warni.

Apakah botol-botol ini hanya untuk digelindingkan dan dikejar? Tentu saja tidak. Botol-botol ini adalah salah satu media saya dalam mengenalkan warna ke Rayyaan. Saya bisa menunjuk, mengangkat atau menggelindingkan botolnya sambil menyebutkan warnanya. Selain itu saya dan Rayyaan juga bisa bermain oper-operan botol dengan cara menggelindingkannya. Kalau botol-botol ini saya susun rapi, Rayyaan senang merubuhkannya kembali he he. Dan hey, tiba-tiba saya punya ide lagi, suatu saat botol-botol ini bisa jadi pin bowling hi hi. Botol-botol ini juga pernah saya gunakan untuk hiasan di malam hari lho. Saya letakkan botol-botol ini di meja high chair dan di belakangnya saya letakkan lampu emergency. Saat lampu kamar dimatikan, botol-botol ini seolah menyala.

Apa ya manfaat menggelindingkan benda-benda seperti botol ini? Ternyata menggelindingkan benda bisa mengasah keterampilan motorik halus anak serta melatih koordinasi tangan dan mata. Kalau Rayyaan sudah mau bermain bowling dengan botol-botol ini, ini bisa melatih koordinasi tubuh, tangan, dan matanya. Selain itu dengan bermain bowling, anak bisa belajar mengarahkan lemparan pada sasaran, serta mengasah kecermatan. Nah, ada yang mau menggelindingkan botol berwarna-warni bersama Rayyaan? Asyik lho!

Sumber:
Seri AyahBunda – 100 Permainan yang Mencerdaskan Bayi dan Balita

2 pemikiran pada “Menggelindingkan Botol Berwarna-Warni

Tinggalkan Balasan

